GURU DAN KEPALA SEKOLAH SUMBER
KESUKSESAN SEKOLAH
Variabel penentu yang membuat
sekolah bermutu adalah guru-gurunya yang memiliki tingkat adaptasi yang tinggi
dalam lingkungan yang selalu berubah. Ilmu pengetahuannya selalu terbarukan
sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
yang semakin cepat. Kemajuan sekolah dipengaruhi oleh tingkat perkembangan
keterampilan guru dalam mendongkrak kemajuan siswa belajar. Keterampilan
terbaiknya adalah membuat siswa belajar bagaimana caranya belajar.
Guru yang efektif membuat siswanya
balajar mandiri, meningkatkan keterampilannya karena kemauan belajarnya yang
meningkat dari waktu ke waktu. Kemajuan sekolah didorong oleh kemampuan guru
selalu menyajikan hal-hal yang baru sehingga siswa memiliki motivasi yang kuat
untuk mengeksplorasi banyak fenomena untuk mendapatkan pengetahuan yang baru.
Untuk menunjang kemajuan khususnya tekhnologi yang akhir akhir ini sedang
digalakan oleh pemerintah pusat seharusnya menjadi jembatan untuk kemajuan
sekolah.
Sekolah yang bermutu memiliki orang
tua yang partisipatif mendukung siswa mempersiapkan dan meningkatkan
aktivitasnya mempelajari berbagai hal yang bermutu. Meningkatkan kemauan siswa
untuk selalu bekerja dengan baik. Pemantapan belajarnya selalu tertingkatkan melalui
pengulangan dan pembiasaan. Orang tua yang efektif adalah yang memahami
kebutuhan siswa belajar, mendukung guru-guru bekerja efektif.
Sekolah yang efektif adalah sekolah
yang dapat memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah dan lingkungan global yang diintegrasikan
dengan teknologi sehingga dinding kelas tidak menjadi pembatas pikiran siswa
untuk berkembang. Sekolah mampu mengintegrasikan sumber daya sekitar wilayahnya
menjadi bagian dari peraga pembelajaran yang efektif. Pelaksanaan pendidikan
terintegrasi pada kemajuan masyarakatnya dan terkait pada kemajuan yang
bangsa-bangsa lin pamerkan. Pikiran siswa dibuka lebar dengan wawasan global.
Akan Tetapi Di Era
Globalisasi dan kemajuan jaman yang sangat cepat dan diharuskan untuk
mengikutinya masih banyak Guru yang masih ketinggalan dan belum bisa
mengoperasikan Komputer. Itu menjadi catatan penting dikala siswa harus bisa
sementara Gurunya tidak bisa Lantas Siswa Bisanya dari mana....?
Variabel utama penentu kemajuan
ialah kepala sekolah. Kepala sekolah adalah kunci kemajuan sekolah. Semua
potensi yang tersedia di sekolah tidak akan berarti apa-apa di tangan kepala
sekolah yang tidak kreatif. Sebaliknya berbagai keterbatasan akan perubah di
tangannya karena ia cerdas mengolahnya.
Catatan Penting Tidak Selamanya
Untuk Kepala Sekolah Yang Tua Yang Berwibawa. Untuk Kebanyakan Kepala Sekolah
kepala sekolah adalah yang sudah tua, Katanya yang tua lebih banyak Asam
Garamnya. Hal ini akan tidak tepat ketika dituntut dengan kemajuan jaman
dibidang tekhnologi ketika bimbingan teknis, dan lain2...
Kepala sekolah menggerakan seluruh
insan di sekolah dengan cepat dan aman, seperti seorang pilot pesawat jumbo
yang selalu sigap menghadapi berbagai perubahan dan tantangan, pemberani dan
penuh berdisiplin, berpikir dan bergerak cepat. Pikirannya selalu jauh
melampaui pandangan orang-orang di sekitarnya karena karakternya yang selalu
mendahului orang dalam belajar. Perhitungannya lebih kuat, lebih cepat, lebih
dinamis, lebih mengarah, lebih teriorganisir dalam memfasilitasi dan menggubah
semua potensi menjadi prestasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar